Bis Tanpa Supir Berhasil Melaju di Jalan Raya

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLinkedInShare

Bis Tanpa Supir Berhasil Melaju di Jalan Raya

Bis Tanpa Supir pertama akhirnya berhasil melesat di jalan raya. Belanda adalah negara pertama yang sukses dengan teknologi bis tanpa supir. Keberhasilannya tersebut bukanlah tanpa bukti. Negara bunga Tulip tersebut telah mencoba menerapkan bis tersebut di jalan raya yang berisikan 6 orang penumpang dan melaju sejauh 200 meter di jalan umum.

Seperti yang dilansir pada laman The Guardian, Bis mini tersebut diberi nama WePod. Pada saat ujicoba bis itu, bis melaju dengan kecepatan 8 km/jam. Bis tersebut sebenarnya bisa melaju hingga 25km/jam.

bis tanpa supir

Direktur dari proyek ini, Jan Willem van der Wiel mengatakan kalau uji coba ini tentu saja menjadi sebuah tonggak sejarah. Keberhasilan ini juga mendapatkan pujian dari Iris van Cattenburch, yang merupakan bos dari perusahaan transportasi umum Connekt.

Hingga saat ini, WePod baru direncanakan untuk dioperasikan dengan rute Wageningen menuju ke Ede yang berada di provinsi Gelderland. Rencananya, pada bulan Mei 2016 nanti baru proyek ini diperluas, dan memiliki trayek yang baru dengan jarak yang lebih jauh yaitu 6 kilometer.

Bis mini ini sendiri nanti juga akan memiliki aplikasi khusus yang bisa dipasang di ponsel pintar. Sehingga para penumpang nanti tak perlu repot-repot untuk mengantre ketika hendak menumpangi bis yang muat untuk 12 orang penumpang tersebut.

Kendaraan ini sebelumnya dikembangkan di Delft Technical University. Teknologi yang disematkan dikendaraan ini sendiri adalah kamera, radar dan juga GPS. <bms>

Comments

comments