Dianggap Bodoh di Masa Sekolah, Tokoh-tokoh Ini Juga Dislektik

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLinkedInShare

Epenkah.com – Pernah mendengar tentang disleksia? Secara singkat disleksia dipahami sebagai kesulitan yang dialami seseorang dalam hal membaca dan menulis. Seseorang dengan disleksia mengalami masalah koordinasi antara apa yang dipikirkan dengan apa yang diucapkan maupun yang ditulis. Sebagai contoh, seseorang dengan disleksia diminta untuk menuliskan kata ‘ketupat’ maka bisa jadi yang ia tulis ‘ketaput’ atau mungkin juga ‘tukepat’. Karena masalah koordinasi seperti ini, seseorang dengan disleksia memang membutuhkan proses lebih lama untuk membaca dan menulis.

Jika sudah begini, seringkali karena kurangnya pengetahuan orang-orang sekitar, seseorang dengan disleksia dianggap rendah tingkat intelegensinya. Padahal, lebih lamanya proses belajar bukan berarti seorang dengan disleksia akan memiliki tingkat intelegensi rendah. Tak sedikit orang tersohor yang kita kenal saat ini ternyata menderita disleksia. Beberapa di antara mereka pernah dianggap ‘tidak pandai’. Tetapi kini nama mereka menghiasi daftar nama orang yang dianggap ‘sukses’ atau ‘cerdas’. Berikut adalah beberapa tokoh terkenal yang menderita disleksia.

  1. Orlando Bloom

Ketika menjalani tes IQ di masa sekolah dasar, Bloom menunjukkan hasil yang cukup tinggi tetapi ia dinyatakan menderita disleksia. Karena merasa kemampuan belajarnya rendah, Bloom sempat frustasi dan mengganggap dirinya bodoh. Belum lagi ketika teman-temannya akhirnya mengetahui bahwa Bloom sering ikut kelas tambahan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulisnya. Tetapi kini, namanya dikenal sebagai salah satu aktor Hollywood yang sudah membintangi beberapa judul film seperti Pirates of the Carribean dan The Lords of the Rings, dan memenangi beberapa penghargaan.

  1. Joss Stone

Joss Stone pernah keluar dari sekolah menengah karena hasil evaluasi belajarnya yang sangat kurang. Dia sempat merasa bahwa nilai akademiknya buruk karena keadaan disleksia yang dialaminya. Tetapi kini ia membuktikan bahwa hal tersebut bukan halangan baginya untuk menjadi sukses. Kini Joss Stone dikenal sebagai penyanyi Soul R n B dengan suara seksinya.

  1. Steve Jobs

Siapa yang tidak tahu Steve Jobs? Siapa yang mengira bahwa produk-produk Apple adalah hasil rancangan seseorang yang menderita disleksia. Orang mengenal Steve Jobs ketika hasil karyanya mendunia tetapi semasa semasa sekolah dan kuliah, dia dianggap sebagai orang yang ‘gagal’. Tetapi kemampuan belajarnya yang ‘kurang’ di masa sekolah maupun kuliah ternyata membungkam orang-orang dengan produknya yang berteknologi tinggi, Apple.

  1. Albert Einstein

Kita tidak ragu lagi bahwa Einstein adalah salah satu orang cerdas yang menggemparkan dunia. Tetapi orang akan lebih heran bahwa orang sehebat Einstein adalah orang yang dulunya dikenal bodoh di masa sekolahnya. Dia sangat susah mengingat hal-hal kecil yang merupakan salah satu tanda-tanda disleksia. Dia sempat pindah sekolah karena di sekolah sebelumnya, nilai akademiknya buruk. Ternyata kekurangannya di masa sekolah ternyata berkebalikan dengan penemuan-penemuannya yang menggemparkan dunia.

  1. Deddy Corbuzier

Tak hanya dari dunia internasional, di dalam negeri pun ada seorang Deddy Corbuzier, seorang mentalist yang juga menderita disleksia. Deddy pernah tidak naik kelas sewaktu sekolah dasar karena kemampuan belajarnya yang kurang akibat disleksia. Tetapi kini ia menjadi salah satu host terkenal di negeri. Dan meskipun ketika show dia masih sering dibantu dengan papan untuk mengingat nama tamunya, Deddy tergolong selebriti yang sukses di Indonesia.

Jadi, jangan merasa gagal jika Anda maupun orang terdekat Anda menunjukkan tanda-tanda yang mengarah ke disleksia. Dan jangan juga mengganggap bahwa seseorang dengan disleksia akan memiliki tingkat intelegensi yang rendah pula. Kita tidak pernah  bisa menebak kecerdasan dan kesuksesan seseorang hanya dari proses awal mereka, karena di luar itu, manusia memiliki banyak keunikan yang tidak terduga. -pin-

Comments

comments