iPhone Selanjutnya Tak Akan Ada Tombol Home?

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLinkedInShare

Persaingan di dunia smartphone semakin pesat, setiap vendor berlomba-lomba melakukan inovasi terbaru di setiap perangkatnya untuk dijadikan andalan. Seperti yang diketahui, di tahun sebelumnya pada iPhone 7, Apple memberikan sebuah perubahan besar pada ponsel mereka dengan menghilangkan slot jack audio berukuran 3,5 mm demi mendapatkan sebuah ketipisan pada genggaman tangan.

iPhone 8

Pada tahun 2017 ini, desas-desus iPhone akan merilis sekuel terbaru dari seri iPhone memang sudah terdengar dari tahun kemarin. Hilangnya tombol home pada perangkat iPhone selanjutnya pun juga telah terdengar kabarnya sejak sebelum peluncuran iPhone 7 di tahun yang lalu. Jika jack audio 3,5 mm akan membuat ponsel lebih tipis, maka dengan hilangnya tombol home ini akan membuat ponsel dengan desain tanpa bezel atau bingkai.

Tombol itu sendiri sebenarnya tak benar-benar dihilangkan, sebab hanya dipindahkan saja atau dibuat dengan bentuk yang lebih tersamarkan seperti layar. Jadi tombol yang digunakan ini bukan tombol mekanik seperti biasanya, namun merupakan tombol dengan teknologi sentuhan taptic engine, hal ini seperti yang dikutip dari laman Mashable via Kompas.

Sensor ini tentu tidak selalu mudah dalam penerapannya, karena Apple harus juga mengembangkan sensor biometrik yang ada tersebut dengan teknologi Optical ID, seperti yang dikatakan oleh Kuo Apple. Tujuan dari pemutakhiran tersebut tentu saja agar ponsel mampu melacak sidik jari dari balik layar ponsel.

Hingga saat ini memang Apple belum memberikan konfirmasi terkait mengenai hal ini, namun jika memang hal ini sungguh terjadi, tentu saja Apple telah berhasil dalam mengembangkan iPhone tanpa bingkai.

Comments

comments