Lamanya Tidur Harus Sesuai dengan Usia

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLinkedInShare

Epenkah.com – Tahukah kamu kalau waktu tidur setiap usia itu tak dapat disamakan? Mungkin setiap orang mengetahui waktu tidur normal yang harus dimiliki oleh setiap orang antara 8 – 9 jam perharinya. Padahal, tidak semua itu dapat diberlakukan dengan tepat, sebab setiap usia memiliki takarannya masing-masing.

Lalu berapakah takaran yang tepat? Kementrian Kesehatan Republik Indonesia baru saja menentukan waktu yang tepat untuk tidur. Waktu-waktu tersebut dibagi menjadi 7 kategori sesuai takaran usia. Mari simak selengkapnya:

Lamanya Tidur Harus Sesuai dengan Usia
Lamanya Tidur Harus Sesuai dengan Usia

0 – 2 bulan

Bayi yang usianya baru dua bulan, membutuhkan tidur 14 – 18 jam per hari.

2 – 18 bulan

Tidur cukup membuat tubuh dan otak bayi akan berkembang dengan baik. Bayi dengan usia ini harus mendapatkan tidur selama 12 – 14 jam per hari.

3 – 6 tahun

Anak di bahwa usia 6 tahun sudah mulai beraktivitas padat dan saat anak kurang tidur mereka cenderung berisiko obesitas di kemudian hari. Terapkan kepada anak di usia ini untuk tidur selama 11 – 13 jam per hari.

6 – 12 tahun

Durasi 10 jam per hari menjadi waktu tidur yang tepat untuk usia anak 6 – 12 tahun. Jika anak kekurangan istirahat akan menyebabkan hiperaktif, tidak memiliki konsentrasi dan memiliki masalah pada perilaku.

12 – 18 tahun

Anak di usia mencapai 18 tahun sudah masuk dalam hitungan remaja, dan biasanya mereka memiliki kegiatan yang cukup banyak sehingga mengharuskan mereka mendapatkan tidur yang cukup. Waktu 8 – 9 jam per hari menjadi waktu yang baik untuknya.

Jika remaja kekurangan tidur maka akan lebih rentan terkena depresi dan sulit untuk memfokuskan diri mereka saat menjalankan segala aktivitas.

18 – 40 tahun

Waktu 7 – 8 jam per hari menjadi takaran waktu tidur yang pas untuk usia ini. Mereka yang ingin sehat harus menerapkan aturan ini dengan teratur untuk mendapatkan kehidupan yang sehat.

Lansia

Individu lanjut usia harus mendapatkan tidur sebanyak 6 – 7 jam per hari.

Nah, mulai sekarang sobat epenkah jangan ada yang kurang tidur ya, atau malah kelebihan tidur karena tentu akan kurang baik bagi kesehatan. Waktu tidur yang tepat tentu juga akan mempengaruhi kebugaran.

Comments

comments