Review “Black Panther”, Sangat Pantas Ditunggu dan Ditonton!

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLinkedInShare

Belakangan ini santer diberitakan bahwa salah satu film besutan Marvel Studios yang berjudul Black Panther sangat menggebrak dunia perfilman. Bagi para penggemar film superhero, tentu saja nama dari Black Panther ini sendiri sudah tidak asing lagi di telinga. Black Panther adalah sebuah ikon dari buku komik yang sudah hadir selama puluhan tahun. Banyak yang menanti-nanti agar ikon ini dibuatkan filmnya sendiri. Hingga akhirnya pada kedatangan dari film ini, memang pantas jika mendapatkan nilai sebagai film yang sangat pantas untuk ditunggu dan ditonton.

Film ini tak hanya pantas untuk ditonton oleh para penggemarnya yang “hardcore” saja, tapi bagi orang biasa pun rasanya film ini memang sangat menarik untuk ditonton. Hal ini dikarenakan kerja keras sutradara Ryan Coogler dalam menuliskan naskah bersama dengan Joe Robert Cole, yang ternyata tak hanya berhasil memenuhi hasyrat para penggemarnya saja. Namun juga berhasil memberikan sebuah terobosan baru pada film superhero dengan ciri khas yang sangat kuat dari segi gaya dan cerita.

Black Panther 2

Latar Belakang

Sedikit tentang film ini, T’Calla alias Black Panther adalah seorang superhero berkulit hitam yang ada di karakter besutan Marvel. Sebenarnya karakter ini sendiri adalah bukan karakter Marvel berkulit hitam yang satu-satunya ada. Masih ada beberapa karakter berkulit hitam lainnya seperti War Machine dan Falcon. Hanya saja yang membuatnya berbeda adalah dimana Black Panther berhasil datang dan membuat sejarah untuk datang sebagai film solo besutan Marvel. Black Panther sendiri pertama kali muncul pada film Captain America: Civil War, saat itu Black Panther hanya muncul secara sekilas saja. Namun sekarang, Black Panther akan hadir langsung di negerinya di Wakanda, sebuah kerajaan di benua Afrika dimana sang raja berkuasa.

Awal dari film ini, bermula dari kisah sejarah singkat dari Wakanda. Dahulu kala, Wakanda pernah dihantam oleh sebuah meteorit yang mengakibatkan daerah tersebut menjadi sangat kaya dengan material logam vibranium. Tak berhenti sampai di situ saja, tumbuhan dan bunga yang terkena radiasi dari meteor ini ternyata menghasilkan kekuatan super bagi orang-orang yang memakan atau meminum sari bunganya. Kekuatan tersebut didapatkan dari roh para leluhur Black Panther.

Beberapa tahun setelah kejadian tersebut, Wakanda pun berkembang menjadi negara yang sangat maju dalam bidang teknologi. Hal ini disebabkan oleh material logam yang mereka dapatkan tadi. Selain itu juga ditambah dari kekuatan sang raja yang didapatkan dari meminum sari bunga misterius yang ada di sana. Tapi untuk menjaga agar kekayaannya tersebut tetap aman, Wakanda pun menyembunyikan aset negerinya tersebut. Karena hal ini, Wakanda justru dikenal sebagai negara termiskin nomor tiga di dunia.

black panther

Kekuasaan Black Panther

Setelah sang raja meninggal, T’Calla (Chadwick Boseman) pun diwariskan kekuasaan untuk menjadi raja Black Panther selanjutnya. Hanya saja sang raja muda ini ternyata masih memiliki banyak keraguan untuk memimpin. Ia merasa akankah ia bisa membawa negara tersebut sama seperti ketika dipimpin oleh sang ayah.

Di sisi lain, sang mantan kekasih T’Calla yang bernama Nakia (Lupita Nyong’o) justru mendorong sang raja baru agar Wakanda keluar dari kedok negara miskin dan berupaya untuk membantu negara di sekitar Wakanda keluar dari kesulitan yang melanda.

Sementara di belahan bumi bagian lain di London, Erik Killmonger (Michael B. Jordan) sedang bekerja sama dengan Ulyssess Klaue (Andy Serkis) untuk menjarah sebuah museum dengan target pencurian artefak Wakanda yang terbuat dari bahan logam mulia Vibranium.

Mendengarkan hal tersebut, T’Calla pun tak tinggal diam. Ia terjun langsung untuk menyelidiki hal itu ditemani dengan sang jenderal pemberani Nakia (Danai Gurira) dan adiknya yang jenius, Shuri (Letitia Wright) melalui bantuan dari jarak jauh. Dari penyelidikan ini, maka pertemuan antara T’Calla dan Erik Killmonger tak bisa dihindari lagi. Pertemuan ini justru mengungkap sebuah rahasia besar yang kelam dari masa lalu yang ternyata mengancam takhta Black Panther dan masa depan Wakanda.

3

Plot

Walaupun film ini datang dalam durasi yang sangat panjang, namun ternyata menonton film ini juga tak membosankan. Film Black Panther ini memberikan sebuah inovasi baru untuk kisah superhero yang tak melulu datang dari kulit putih saja. Namun superhero berkulit hitam ternyata juga menarik untuk ditonton dan dibahas. Karena hal itulah, film Black Panther ini menjadi memiliki ciri khas yang berbeda dan seru untuk ditonton.

Segi cerita dari film ini sebenarnya biasa-biasa saja. Sebab cerita hanya mengisahkan tentang perebutan takhta dan kekuasaan. Tema seperti ini sebenarnya sudah sering sekali diangkat pada film-film superhero pada umumnya. Hanya saja yang membuatnya sedikit berbeda adalah banyak hal yang ada di film ini, yang membuat cerita bisa menjadi sangat luar biasa untuk disaksikan.

Karakter

Peran-peran yang ada di dalam film Black Panther inilah yang membuat film menjadi sangat memukau untuk ditonton. Penghayatan yang luar biasa dari para aktor di film ini memang patut diapresiasi. Terlebih lagi memang peran dari Chadwick Boseman yang sangat mengesankan. Perannya bisa mengangkat karakter lainnya menjadi lebih totalitas dalam beradu akting.

Latar Tempat

Selain dari peran para aktor yang begitu memukau, ternyata pemilihan setting tempat dari film ini juga patut diacungi jempol. Penggambaran Wakanda sendiri memang beberapa diambil dari hal yang ada di dunia nyata di Afrika. Bahkan untuk beberapa properti dan tradisi yang ada di Afrika juga dimasukkan ke dalam film ini. Hal ini tentu saja akan memperkaya para penonton dengan informasi-informasi tambahan terkait Afrika yang memang sangat jarang sekali ditongolkan pada film. Black Panther sendiri juga seperti ingin menggambarkan bahwa suku di Afrika memang juga memiliki martabat. Penggambaran ini datang dari para suku yang ada di Wakanda di dalam film.

Aksi

Pada aksi yang disuguhkan pada film Black Panther ini sedikit berbeda dengan kisah superhero lainnya. Jika superhero lain lebih banyak menggunakan kekuatan super, di film ini justru pertarungan lebih brutal dan ganas. Jadi wajar saja jika film ini memang masuk ke kategori film dewasa. Namun karena kebrutalan dari pertarungan yang ada di film ini, justru membuat para penggemar film aksi semakin seru untuk menikmati film dari awal hingga akhir.

Penilaian

Secara keseluruhan tim Epenkah.com memberikan nilai yang sangat tinggi untuk Black Panther yakni 8.5/10. Film superhero dengan nuansa segar ini memang pantas dan layak untuk ditunggu dan ditonton!!

Comments

comments