Tahukah Kamu Bahwa Empat Lambang di Kepala Memiliki Makna yang Kontroversi?

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLinkedInShare

Epenkah.com – Teletubbies beberapa waktu terakhir nampaknya menjadi sesuatu yang paling diperbincangkan di sosial media. Tak lain karena meme yang banyak beredar tentang Lala yang bersifat kocak dan selalu di-bully oleh teman-temannya tersebut. Lala kerap kali dipelesetkan menjadi seorang yang lupa bahwa siapa dirinya melalui lagu dari film ini sendiri.

Teletubbies sendiri adalah gabungan dari dua kata yaitu Tele dan Tubbies. Tele artinya jauh dan Tubby atau dalam bentuk jamaknya tubbies memiliki arti gemuk. Teletubbies merupakan suatu program TV yang ditujukan untuk anak-anak. Semua karakternya gendut, lucu, dan menggemaskan. Namun tahukah kamu jika ternyata empat lambang yang terdapat di atas kepala Teletubbies punya makna yang kontroversial? Mari kita simak penjelasan kontroversialnya di bawah ini:

1. Tinky Winky

Teletubbies

Tinky Winky adalah karakter pria paling bongsor berwarna ungu. Ia punya lambang antena berbentuk segitiga terbalik di atas kepalanya. Nah, ternyata lambang ini merupakan representasi dari kaum gay! Jika pria maskulin dilambangkan dengan segitiga tegak, maka kaum gay adalah kebalikannya. Fakta ini semakin dipertegas dengan barang-barang favorit milik Tinky Winky. Kamu pasti ingat kan Tinky Winky punya barang favorit apa? Yap, barang favoritnya adalah sebuah rok tutu dan tas jinjing wanita berwarna merah.

2. Dipsy

Teletubbies

Dipsy adalah karakter pria kedua. Ia memiliki warna hijau dan antena yang berbentuk tegak lurus. Barang favorit Dipsy adalah sebuah topi tinggi bercorak hitam dan putih. Karakteristik yang dimiliki Dipsy ini sering dikaitkan dengan gambaran pria Afro atau pria kulit hitam. Antena dan topinya menyimpan makna mengenai pandangan barat mengenai orang Afro. Antena Dipsy yang tegak lurus mempresentasikan bentuk alat kelamin laki-laki. Dan topi Dipsy yang sering dilepas-pakai merupakan sindiran terhadap para pria kulit hitam tersebut. Kira-kira sindiran tersebut berbunyi : bahwa penis mereka besar, mereka doyan seks, dan topi yang lepas-copot menjadi tanda bahwa orang-orang Afro tidak malu menunjukkan kelamin mereka.

3. Laa Laa

teletubies 2

Karakter ketiga dari Teletubbies adalah Laa Laa. Karakter inilah yang akhir-akhir ini menjadi korban bullying. Ia merupakan karakter wanita yang punya bentuk lambda sebagai antenanya. Barang favoritnya adalah sebuah bola besar berwarna oranye. Nah, jika Tinky Winky merupakan perlambang kaum gay, maka Laa Laa ini adalah kebalikannya. Ya, Laa Laa merupakan perlambang dari kaum lesbian. Lambda sendiri memang simbol milik para kaum lesbian. Barang favorit milik Laa Laa juga merupakan sebuah bola adalah kebetulan yang menarik. Ini menjadi pesan pemaknaan umum barat terhadap Lesbian. Mereka adalah wanita-wanita maskulin, kekar, dan macho! Kenapa? Karena bola adalah ikonik untuk segala hal yang bersifat jantan.

4. Po

lala

Terakhir wanita terakhir adalah Po. Po memiliki tubuh yang paling kecil dan berwarna merah. Antenanya berbentuk ‘donat berbatang’. Ternyata Po ini merupakan representasi dari orang-orang Asia. Barang favorit Po adalah sebuah skuter. Jika kita dengarkan dengan saksama ketika Po mengucapkan kata ‘Scooter’, pronounce yang dikeluarkan adalah ‘Skuta’. Ini adalah cara pengucapan orang-orang Cina atau Jepang. Dalam tradisi Asia, khususnya oriental, donat berbatang juga merupakan simbol dari Gerbang Keberuntungan. Barang kesayangan si Po ini, si skuter, merupakan pesan bahwa orang Asia adalah orang-orang yang mobilisasinya cepat dan senang mencari keuntungan. Orang Asia, dalam pandangan barat melalui Po ini, juga dicap sebagai orang yang keras kepala dan tidak pernah mau pindah kembali ke negara asal mereka.

Hal itu tercermin dari Po yang merupakan karakter paling bandel dari seluruh Teletubbies. Beberapa episode menceritakan Po yang tidak pernah menurut dengan panggilan dari pipa yang biasa bersuara, “saatnya pulang”.

Ya itu tadi diatas adalah beberapa kontroversi mengenai lambang-lambang yang ada di empat karakter tersebut. Memang cukup kontroversi jika diperdebatkan, namun selain hal-hal yang dijelaskan tadi, tentu saja Teletubbies adalah bagian yang menyenangkan bagi anak-anak. Atau mungkin saja ini menjadi salah satu bagian dari hidup kamu di masa kecil? Tentu ini sangat mengenang sekali.

Comments

comments