Tips Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLinkedInShare

Epenkah.com – Radang tenggorokan memang bukanlah penyakit besar yang sangat berbahaya, namun juga bukan penyakit kecil yang bisa dibiarkan begitu saja.

Permasalahan yang datang untuk radang tenggorokan memang sering mengganggu kita, apalagi kalau kita ingin menelan makanan, sakitnya bukan main dan bisa mengurangi nafsu makan. Radang tenggorokan ini sendiri disebabkan oleh adanya virus atau infeksi bakteri yang menyerang. Sebenarnya radang tenggorokan dapat sembuh sendiri jika dibiarkan, namun tentu tidak ingin mengganggu keseharian bukan?

Berikut ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menyembuhkan radang tenggorokan secara alami:

Air Putih

Meskipun hanya berupa air, namun kegunaan dari air putih ini untuk tubuh kita banyak sekali. Air putih disinyalir dapat menyembuhkan radang tenggorokan. Meskipun harus berjuang sebenarnya untuk menelan air tersebut, namun cairan yang masuk ke dalam tubuh dapat tetap menjaga tubuh dari dehidrasi. Yang lebih penting lagi, tenggorokan tidak akan menjadi kering dan tetap terjaga lembab.

Madu dan Lemon

Selain air putih, madu dan lemon juga dapat menyembuhkan radang tenggorokan yang melanda. Caranya adalah dengan menuangkan satu sendok madu yang telah dicampur dengan lemon ke satu sendok takar. Madu ini nanti akan berguna untuk melapisi tenggorokan yang sakit dan akan melawan bakteri yang melekat ditenggorokan. Jenis madu yang digunakan disini tentu adalah madu murni.

Garam

Meskipun asin rasanya, garam juga bermanfaat untuk meredakan tenggorokan. Cara penggunaan garam ini sendiri adalah dengan mencampurkannya ke dalam air kemudian digunakan untuk berkumur-kumur. Penggunaan garam disini juga tak perlu berlebihan, hanya dengan setengah sendok teh garam saja yang dilarutkan ke dalam gelas berisi air hangat sudah cukup membantu untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Pengobatan ini dapat dilakukan secara berkali-kali di setiap jamnya. <bms>

Comments

comments